Tipa Kecantikan dan Kesehatan Terbaru

Cara Membersihkan Kotoran Telinga Yang Mengeras





Cara membersihkan kotoran telingga yang mengeras pada anak
Karena posisinya yang tidak terlihat oleh mata, hampir kebanyakan orang selalu melupakan kebersihan telingga mereka. Biasanya mereka baru akan menyadari dan membersihkan kotoran ditelingga ketika merasa gatal atau sakit. Jika belum ada tanda-tanda tersebut, maka belum mau membersihkan telingga.

Karena kelalaian kita didalam menjaga kebersihan telingga, terkadang tak jarang kita menemukan beberapa kasus seperti kotoran ditelingga mengeras. Akibat jarang dibersihkan kotoran yang tadinya kecil, terus membesar dan kemudian menyumbat telingga. Jika sudah terasa menyumbat seperti ini maka barulah kita membersihkan kotoran di telingga.

Hal ini tentu saja merupakan kebiasaan buruk, hendaknya kita membersihkan kotoran ditelingga secara berkala dan jangan sampai menunggu kotoran tersebut menumpuk dan mengeras menutupi lubang telingga Anda. Kotoran yang telah mengeras tentu saja akan sangat susah untuk dibersihkan atau dikeluarkan dari telingga Anda. Bahkan, kesalahan didalam membersihkan telingga bisa berakibat kotoran tersebut justru akan makin terdorong kedalam sehingga menyebabkan telingga Anda menjadi sakit.

Sebelum kita membahas bagaimana cara membersihkan kotoran telinga yang mengeras, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu tanda atau gejala yang muncul akibat dari penggerasan kotoran telingga ini.

  • Perasaan nyeri pada telinga
  • Pendengaran berkurang
  • Pusing
  • Telinga terasa penuh
  • Telinga berdenging

Cara Membersihkan Kotoran Telingga yang Mengeras

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, resiko akibat mengerasnya kotoran di telingga kita bisa berdampak buruk untuk kesehatan Anda sendiri. Selain mengakibatkan telingga menjadi seakan tersumbat, pengerasan kotoran ditelingga juga bisa membuat telingga kita menjadi nyeri, terasa penuh dan berdenging. Bahkan, beberapa orang menyebutkan jika hal ini juga bisa membuat mereka menjadi pusing.

Nah, maka dari itu sangat penting buat kamu untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan kotoran telingga yang sudah mengeras. Kita tidak boleh menggunakan cara semabarangan untuk mengeluarkan kotoran yang mengeras tersebut. Harus benar-benar dilakukan dengan hati-hati dan cara yang tepat. 

Berikut setidaknya ada beberapa cara tahapan untuk mengeluarkan kotoran telingga yang sudah mengeras dengan aman dan benar tentunya.

1. Gunakan Obat Tetes
Kotorang telingga yang menggeras tidak bisa dibersihkan dengan cara sembarangan. Kita tidak bisa langsung menggunakan cotton bud karena hal ini hanya akan mendorong kotoran semakin kedalam. Sangat disarankan untuk Anda menggunakan obat tetes telingga terlebih dahulu, hal ini bertujuan untuk melunakan kotoran yang telah mengeras tersebut. 

Untuk hasil terbaik, cobalah Anda gunakan obat tetes pelunak tersebut selama 2-3 hari berturut sesuai dengan aturan yang tertera. Obat tetes telingga ini sendiri Anda bisa dapatkan di apotik. Kotoran telingga yang sudah melunak nantinya bisa keluar dengan sendirinya.

Perhatian, Anda tidak boleh menggunakan obat tetes ini secara terus menerus karena bisa mengakibatkan rusaknya gendang telingga. Jika pada saat memakai obat tetes ini ada keluhan nyeri atau muncul ruam pada kulit lokal maka sebaiknya hentikan pemakaian obat tetes.

2. Menggunakan baby oil
Selain menggunakan obat tetes telingga, ada alternatif lainnya yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menggunakan baby oil. Teteskan baby oil 1-2 kali ke telingga Anda, kemudian tunggu beberapa menit hingga kotoran melunak. Kemudian Anda bisa menggunakann cotton bud kecil untuk mengeluarkan kotoran. 

Tapi hati-hati ketika menggunakan cotton bud, jangan sampai Anda memasukannya terlalu dalam karena bisa menyebabkan infeksi. 

3. Menggunakan air bersih
Air hangat juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah kotoran telingga yang mengeras. Teteskan sedikit air hangat pada telingga Anda dan kemudian miringkan kepala Anda kesatu sisi, tunggu beberapa detik setelah itu miringkan kembali kepala Anda ke arah berlawanan untuk mengeluarkan air tadi dari telingga Anda. 

Cara ini juga bisa membantu melunakan kotoran yang mengeras di telingga Anda. Kotoran yang telah lunak biasanya bisa keluar dengan sendirinya tanpa di apa-apain.

4. Menggunakan Pinset Khusus
Pinset khsusu diperlukan jika memang Anda tidak suka dengan cara diatas. Tapi cara ini tidak bisa dilakukan sendirian, mintalah bantuan kepada teman Anda. Namun sangat disarankan untuk mengunjungi dokter THT saja, agar Anda bisa mendapatkan penanganan yang lebih profesional.


Itulah sedikit tips bagaimana cara membersihkan kotoran telingga yang mengeras. Memang agak sedikit ribet dan membutuhkan ekstra kehati-hatian. Nah, maka dari itu jangan pernah abaikan dan lalai didalam membersihkan telingga. Bersihkan telingga Anda secara berkala dan teratur, jangan sampai menunggu kotoran tersebut mengeras dan kemudian baru Anda membersihkan nya. Semoga bermanfaat !


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membersihkan Kotoran Telinga Yang Mengeras

0 komentar:

Post a Comment