Cara Mengatasi Tulang Nyangkut di Tenggorokan Secara Alami





Cara mengatasi tulang nyangkut di tenggorokan

Ketulangan atau tulang nyangkut di tenggorokan membuat kita menjadi tidak nyaman. Biasanya akibat adanya tulang yang nyangkut di tenggorokan menyebabkan tenggorokan kita menjadi sakit ketika akan menelan. Bahkan, beberapa orang mengatakan mereka juga susah untuk berbicara. Ketika berbicara terasa ada seperti tulang yang mengganjal sehingga menimbulkan rasa sakit.

Cara mengatasi tulang nyangkut di tenggorokan bisa dikatakan susah-susah gampang. Ada beberapa orang yang cuma dengan mengkonsumsi air putih saja, maka tulang yang nyangkut di tenggorokan bisa terbawa masuk kedalam perut. Namun ada beberapa juga yang mengeluh, jika mengkonsumsi air putih saja tidak cukup. Sudah begitu banyak air putih yang diminum tetapi ditenggorokan tetap saja ada rasa yang mengganjal.

Biasanya jika sudah begini maka cara paling ampuh untuk mengatasi tulang nyangkut ditenggorokan adalah dengan pergi ke dokter THT. Tentu saja Anda harus menyiapkan uang yang cukup banyak jika ingin mengeluarkan tulang yang nyangkut ditenggorokan ke dokter THT. Setidaknya kemungkinan Anda harus menyiapkan uang 300-500 ribu.

Cukup mahal bukan ? maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara-cara alami dibawah ini terlebih dahulu untuk mengatasi masalah ketulangan ini. Mudah-mudahan, tips dibawah ini ampuh didalam menghilangkan tulang yang nyangkut di tenggorokan Anda. 

Mau tau apa saja tipsnya ? yuk langsung saja simak selengkapnya dibawah ini.

1. Konsumsi Air Putih Banyak
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengkonsumsi air putih yang banyak. Air putih akan membantu mendorong tulang yang nyangkut di tenggorokan Anda. Sehingga nantinya tenggorokan Anda kembali terasa lega.

2. Cobalah Untuk Batuk
Jika air putih tidak membantu masalah ketulangan Anda maka cobalah cara kedua yaitu dengan cara batuk. Meskipun Anda sedang tidak mengalami batuk, cobalah untuk batuk disengaja. Batuk dengan sedikit keras, biasanya cara ini akan membantu mengeluarkan tulang ikan yang tersangkut ditenggorokan Anda.

3. Kombinasi Air Putih dan Garam
Ambil satu gelas air putih, lalu tambahkan dengan sedikit saja garam. Usahakan pakai air putih yang agak sedikit hangat. Minumlah air putih tersebut, biasanya tulang yang nyangkut bisa terbawa dan tertelan bersamaan dengan air garam ke dalam pencernaan kita. Garam sifatnya mengikat, sehingga tulang di tenggorokan akan terikat dan kemudian tertelan.

4. Menelan Pisang
Pisang bukanlah buah asing untuk kita. Hampir semua masyarakat Indonesia mengenal buah yang satu ini. Selain kaya akan kandungan vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh. Pisang juga bermanfaat membantu kita didalam mengatasi masalah ketulangan. 

Ambil satu buah pisang matang. Kemudian potong menjadi beberapa bagian dengan ukuran agak sedikit besar. Telan buah pisang tersebut tanpa dikunyah, biasanya hal ini akan membuat tulang yang nynagkut ditengggorokan Anda ikut tertelan bersamaan dengan pisang. 

5. Mengkonsumsi Nasi Bulat
Ini adalah salah satu cara tradisional yang hingga saat ini masih dipercaya sebagai salah satu cara paling ampuh didalam mengatasi masalah ketulangan. Caranya sangat simpel yaitu, ambil nasi putih yang masih hangat, kemudian bulat-bulatkan nasih tersebut. Telan nasi yang sudah kita bulatkan tadi tanpa dikunyah.

Sediakan air putih jika Anda takut keselek. Biasanya dengan menelan nasi bulat-bulat, tulang yang nyangkut ditenggorokan kita akan menghilang tertelan bersamaan dengan nasi.

6. Konsumsi Minyak Zaitun
Jika Anda mempunyai stok minyak zaitun dirumah maka bisa menggunakannya sebagai alternatif untuk mengatasi masalah ketulangan ini. Konsumsilah 1 sendok minyak zaitun, dengan begitu mudah-mudahan tulang yang nyangkut ditenggorokan Anda akan ikut tertelan dan masuk kedalam pencernaan Anda. 

7. Menelan marshmallow
Menelan marshmallow juga bisa dicoba untuk membantu melepas tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Kunyah sedikit marshmallow agar lunak saat ditelan. Selanjutnya, minumlah air putih untuk memperlancar masuknya marshmallow bersama tulang ikan ke dalam saluran pencernaan.

Selain marshmallow Anda juga dapat menggunakan potongan roti dan selai kacang yang memiliki sifat lengket yang serupa seperti marshmallow. Sekepal nasi yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil juga dapat Anda jadikan alternatif pengganti. Pastikan ukurannya mudah untuk ditelan.

6. Minum Air Cuka
Siapkan satu gelas air putih hangat, lalu teteskan cuka makan sedikit saja. Air cuka akan membantu didalam melunakan tulang sehingga tulang akan menjadi lembut dan hancur. 

7. Beras Ketan
Ada juga yang menyarankan jika beras ketan juga bisa diandalkan untuk menghilangkan tulang yang nyangkut ditenggorokan. Masak beras ketan seperti biasa, lalu bulat-bulatkan beras ketan dan kemudian telan. Beras ketan agak sedikit lengket, sehingga hal ini memudahkan untuk mendorong tulang yang nyangkut ditenggorokan agar bisa tertelan. 

Mungkin itu saja tips yang bisa saya sampaikan bagaimana cara mengatasi tulang nyangkut ditenggorokan. Oh iya, jika kondisi ketulangan Anda sudah sangat mengganggu seperti nyeri saat menelan, sesak napas, keluar darah dan nyeri didada maka segera periksa ke dokter.

Seidkit tips : Berhati-hatilah ketika mengkonsumsi ikan atau ayam. Ada baiknya Anda makan pake tangan untuk meminimalisir resiko ketulangan. Semoga bermanfaat !


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Tulang Nyangkut di Tenggorokan Secara Alami

0 komentar:

Post a Comment